Speedtest IndiHome merupakan layanan gratis yang disediakan untuk membantu pelanggan. Terutama dalam mengetahui kecepatan internet yang dimilikinya saat ini.

Faktanya, aktivitas sebagian orang di dunia kerja dipengaruhi oleh kecepatan jaringan internet. Semakin baik kinerjanya, pekerjaan pun lebih cepat terselesaikan. Untuk itulah, seseorang biasanya akan memprioritaskan langganan paket dengan kecepatan yang mumpuni.

Indihome sendiri sudah menyediakan aneka paket dengan kecepatan yang berbeda. Kecepatannya bertingkat. Tentunya, ini memungkinkan bagi seseorang untuk memperoleh layanan dengan kecepatan lebih tinggi.

Untuk memastikan kecepatannya, pelanggan perlu memeriksanya sesuai langganan paketnya. Dan pemeriksaan ini bisa dilakukan di berbagai layanan. Salah satunya adalah Speedtest IndiHome.

Speedtest IndiHome Telkom

Speedtest IndiHome Telkom | Cek Kecepatan Internet Dengan Mudah Menggunakan Speedtest IndiHome Telkom

Apa Itu Speedtest?

Secara umum, speedtest dimaknai dengan pemeriksaan kecepatan. Dan ini pun memang benar adanya.

Speedtest sendiri merupakan layanan yang disediakan oleh provider untuk memeriksa kecepatan internet. Layanan ini disediakan dalam versi gratis. Artinya, pelanggan tidak dipungut biaya meskipun menggunakan layanan ini setiap waktunya.

Layanan ini memungkinkan pelanggan dapat mengetahui performa jaringannya saat itu juga. Terutama mengacu pada kondisi di sekitar.

Contohnya bila berada di cuaca buruk seperti hujan, ada kemungkinan jika sinyal yang ditampilkan akan melemah. Maka, kondisi ini akan melemahkan kecepatan internet.

Begitu pula jika sedang ada gangguan seperti habis mati listrik, kecepatan internet mungkin belum stabil. Hanya saja, nantinya akan berubah sesuai dengan spesifikasi paket yang dibeli oleh pelanggan.

Dalam pengetesan ini, pelanggan pun akan disuguhi berbagai data. Di antaranya jumlah ping, kecepatan download hingga upload.

Pelanggan pun bisa memeriksa apakah kecepatan tersebut sudah sesuai. Jika belum, pelanggan bisa mempertimbangkan langganan paket lainnya agar dapat mendukung kegiatannya dengan layanan internet.

Speedtest IndiHome Telkom | Cek Kecepatan Internet Dengan Mudah Menggunakan Speedtest IndiHome Telkom

Kelebihan Speedtest IndiHome Telkom

Sebagai salah satu layanan terkemuka, indihome memang berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satunya dengan menyediakan layanan pengecekan kecepatan yang disebut dengan Speedtest IndiHome Telkom. Layanan Speedtest IndiHome Telkom dibuat dengan beberapa kelebihan di bawah ini.

  1. Proses Pengecekan Cepat

Tidak perlu membuang banyak waktu untuk mengetahui kecepatan internet di rumah. Pasalnya, layanan pengecekan speed internet ini sudah sangat cepat.

Anda hanya perlu menekan tombol pengetesan. Layanan akan segera memindai dan melakukan pemeriksaan sebagaimana yang diharapkan. Tentunya, waktu yang diperlukan hanya beberapa detik saja untuk menjalankan Speedtest IndiHome Telkom.

  1. Hasil Lebih Lengkap

Kelengkapan informasi Speedtest IndiHome Telkom terkait data yang disajikan pun membuat pelanggan tidak perlu banyak bertanya. Bahkan, pelanggan bisa segera memastikan apakah jaringan internet di rumah sesuai atau tidak.

Secara umum, layanan pengecekan kecepatan yang disediakan indihome sudah cukup lengkap. Data Speedtest IndiHome Telkom yang ditampilkan meliputi kecepatan unduh, upload, hingga jumlah ping sinyal.

Semua ini akan tampil setelah pemeriksaan dilakukan. Anda akan mengetahuinya secara lengkap. Nantinya, Anda dapat memastikan apakah kondisi jaringan saat itu sedang dalam kondisi baik atau buruk.

  1. Mudah Digunakan

Pemeriksaan kecepatan melalui Speedtest IndiHome ini pun sangat mudah. Anda cukup masuk ke halaman pemeriksaan. Kemudian, Anda dapat segera memeriksanya dengan menekan tombol cek kecepatan.

Tentunya, layanan Speedtest IndiHome Telkom ini tidak membutuhkan login terlebih dahulu atau install aplikasi. Cukup kunjungi halaman dan Anda sudah bisa menggunakannya setiap waktu.

Speedtest IndiHome Telkom | Cek Kecepatan Internet Dengan Mudah Menggunakan Speedtest IndiHome Telkom

Cara Menggunakan Speed Test Indihome

Dikatakan sebelumnya jika penggunaan aplikasi tes kecepatan wifi indihome sangat mudah, namun sebagian orang mungkin belum mengetahui cara lengkapnya. Jika Anda ingin melakukan pengetesan dengan hasil akurat, berikut ini langkahnya.

  • Hubungkan perangkat yang ingin diperiksa kecepatannya dengan internet.
  • Akses ke website speedtest indihome.
  • Pada halaman pemeriksaan speedtest IndiHome, tekan tombol Start atau Go.
  • Tunggu beberapa detik hingga hasilnya keluar.
  • Selesai.

Cara Membaca Hasil Speedtest IndiHome Telkom

Ketika melakukan pengetesan kecepatan wifi di aplikasi milik indihome, ada sejumlah informasi yang ditampilkan. Data inilah yang menggambarkan tentang jaringan yang Anda gunakan. Berikut ini data dan cara membacanya.

  • Download

Istilah ini tentunya lebih familiar. Karena berkaitan langsung dengan proses download atau unduh dari sebuah data.

Semakin tinggi nilainya, ini berarti langganan internet yang Anda gunakan punya spesialisasi untuk download. Tentunya, Anda akan lebih cepat dalam mengunduh berbagai file seperti film, aplikasi hingga dokumen lainnya.

  • Upload

Istilah selanjutnya adalah upload. Ini pun akan tampil setelah Anda melakukan pengecekan di aplikasi milik indihome.

Hasilnya menggambarkan tentang kecepatan internet dalam mengunggah file ke internet. Ini tentunya berhubungan langsung dengan proses pengiriman file dan lain sebagainya.

Bisa juga, kecepatan upload ini diperlukan bagi pengguna yang gemar untuk mengupload ke internet. Contohnya Youtuber yang kegiatan utamanya membagikan video di platform tersebut.

Yang perlu digarisbawahi, kecepatan upload dan unduh biasanya tidak sama. Artinya, layanan sudah menetapkan bagian mana yang akan dipercepat. Untuk itulah, Anda pun harusnya memperhatikan hal ini sebelum memutuskan untuk berlangganan.

  • Ping

Data lain yang dimunculkan Speedtest IndiHome Telkom saat melakukan pengetesan kecepatan adalah ping. Ping sendiri dipahami sebagai waktu reaksi dari jaringan yang Anda gunakan.

Sederhananya, ini menunjukkan seberapa cepat perangkat memperoleh respons ketika Anda mengirimkan permintaan di internet. Tentu saja, semakin cepat tanggapannya, maka semakin baik jaringannya.

Normalnya, nilai yang baik dari Ping ini lebih kecil. Setidaknya, tidak sampai menunjukkan nilai hingga 100 milisecond ke atas.

Apabila nilainya mencapai 100 ms lebih, bisa dipastikan jika jaringan Anda sedang tidak baik. Kualitasnya kurang bagus sehingga Anda mungkin perlu menunggu waktu cukup lama untuk membuka sebuah situs dan semacamnya.

  • Jitter

Istilah lain yang akan Anda temukan dalam Speedtest IndiHome adalah jitter. Istilah ini mengacu pada ukuran variabilitas dari Ping seiring waktu.

Jitter ini pun cukup penting dari indikator pengetesan. Betapa tidak, jitter dapat memberikan gambaran tentang bagus tidaknya sebuah layanan internet.

Ketika jitter dari layanan menunjukkan angka yang tinggi, bisa dipastikan bahwa layanan internet akan sering buffering. Bahkan, ada interupsi lain yang membuat layanan tampak tidak stabil.

Normalnya, angka dari jitter seharusnya tidak terlalu tinggi. Kisaran nilai yang bagus di antara 0ms – 75ms. Lebih dari itu, layanan internet dinilai performanya tidak optimal.

Alternatif untuk Cek Kecepatan Internet

Sebenarnya, layanan untuk memeriksa kecepatan internet sangat bervariasi. Selain memanfaatkan Speedtest IndiHome Telkom, ada juga layanan yang memiliki kemampuan serupa rilisan dari pengembang lain. Di antaranya sebagai berikut.

  • Speedtest by Ookla

Alat uji kecepatan internet ini sudah sering digunakan oleh masyarakat. Namanya adalah Speedtest.

Layanan pengetesan ini disediakan oleh Ookla. Tentunya, ditawarkan dengan kelebihan pada kemudahan penggunaan hingga proses pengecekan yang lebih ringkas dan cepat.

Apabila Anda ingin melakukan pengetesan, cukup kunjungi website resminya. Setelah memasuki halaman, cukup tekan Go atau Mulai.

Tunggu beberapa detik hingga proses pemeriksaan selesai. Hasilnya, Anda akan melihat informasi yang berkaitan dengan speed internet di rumah.

Data yang tersaji ini meliputi kecepatan unduh, upload dan ping. Dan Anda bisa menggunakannya kapan pun. Bahkan, bisa menginstall aplikasinya ke dalam perangkat seluler agar penggunaannya jauh lebih mudah.

  • Bandwidthplace

Sama halnya dengan speedtest, bandwidthplace pun menawarkan layanan yang serupa. Layanannya berkaitan langsung dengan pengetesan kecepatan internet.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mengunjungi website resminya. Kemudian, tekan Start untuk memulai pemeriksaan.

Layanan ini akan menunjukkan informasi tentang preparing. Artinya, layanan sedang melakukan pemeriksaan. Jika sudah selesai, layanan tersebut akan kembali seperti semula. Yakni muncul tombol start.

Hanya saja, sudah ada data yang tersaji di dalamnya. Anda bisa melihat status kecepatan unduh, upload hingga waktu reaksi yang tersaji dalam kategori Ping.

Menariknya lagi, layanan ini pun bisa mendeteksi langsung mengenai server, IP atau pun providernya. Tentunya, Anda dapat mengetahui lebih jelas informasinya di layanan tersebut.

  • Ping Test

Alternatif lain yang juga bisa memberikan gambaran tentang kecepatan internet di rumah ialah Ping Test. Layanan ini pun cukup sering digunakan. Hanya saja, penampilannya sedikit berbeda dengan layanan lainnya.

Di sini, Anda akan disajikan tampilan berupa grafik. Ketika melakukan pengetesan, status dari internet akan tampil dalam bentuk naik turunnya grafik.

Menariknya, ada dua metode yang bisa digunakan oleh seseorang. Pertama, seseorang dapat memilih metode pengecekan Fast. Artinya, pemeriksaannya jauh lebih cepat, hanya saja tingkat ketepatannya masih kurang.

Kedua adalah accurate. Khusus metode ini, Anda akan memperoleh hasil pengujian yang lebih mendalam. Tentu saja, hasilnya pun jauh lebih akurat.

Untuk mengaplikasikannya, silahkan masuk ke halaman utamanya. Kemudian, arahkan pemeriksaan ke mode Fast atau Accurate di bawah grafik. Kemudian, tekan Test untuk melakukan pemeriksaan saat itu juga.

  • Fast

Cara lain yang bisa dibilang lebih mudah dan cepat untuk memeriksa kecepatan internet indihome adalah memanfaatkan layanan dari Fast. Website ini bakalan menyajikan data yang Anda inginkan.

Kelebihan dari layanan ini, pemeriksaan akan dilakukan secara otomatis. Ketika Anda membuka layanannya, layanan tersebut akan memeriksa kecepatan secara langsung tanpa Anda minta.

Dalam pemeriksaannya, hanya kecepatan internet yang akan ditampilkan di halaman utamanya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, Anda bisa menekan tombol Tampilkan Info Selengkapnya.

Di sini, Anda akan menemukan informasi lebih rinci. Khususnya waktu delay dari pengiriman data dan lain sebagainya.

  • Ekstensi Google

Untuk melengkapi cara menguji kecepatan selain Speedtest IndiHome, ekstensi Google pun cukup recomended. Ekstensi ini pun lebih mudah digunakan. Terlebih, Anda juga sering menggunakan Google untuk mencari informasi.

Syarat yang diperlukan untuk memaksimalkannya adalah dengan memasang ekstensi tersebut. Ketika ekstensi sudah terpasang, Anda bisa kapan saja melakukan pengujian atas kecepatan internet.

Lantas, bagaimana cara Anda memasangnya? Langkahnya diawali dengan membuka browser terlebih dahulu. Di sini, Kami sarankan untuk menggunakan Google Chrome.

Setelah itu, lanjutkan dengan masuk ke Chrome Web Store. Biasanya, Anda akan menemukan sejumlah ekstensi yang disediakan di dalamnya.

Jika belum menemukan yang dicari, coba ketik Uji Kecepatan Internet di kolom penelusuran. Maka, Anda akan menemukan sejumlah ekstensi yang siap untuk dipasang.

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih salah satunya. Kemudian, pilih Tambahkan ke Chrome. Setelah ekstensi ditambahkan, Anda bisa menggunakan ekstensi ini untuk memeriksa kecepatan. Caranya cukup dengan menekan ikon speed test yang berada di pojok atas layar.

Penyebab Kecepatan Internet Menurun

Sewaktu Anda melakukan pemeriksaan di Speedtest IndiHome, Anda akan menemukan gambaran tentang kecepatan internet tersebut. Terkadang, kecepatannya tidak sesuai dengan paket yang ditawarkan.

Meskipun begitu, bukan berarti jika provider tidak memberikan paket yang sesuai. Pasalnya, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi pada menurunnya kecepatan internet.

Salah satu faktor yang berpengaruh adalah banyak tidaknya perangkat yang terkoneksi. Ini seharusnya menjadi perhatian bagi pelanggan.

Normalnya, provider sudah memberikan kecepatan internet mencapai 10, 20, 30 mbps dan seterusnya. Hanya saja, kecepatan tersebut akan terbagi ke sejumlah perangkat yang terhubung.

Semakin banyak perangkat yang terkoneksi, tentu masing-masing perangkat hanya akan memperoleh kecepatan yang semakin kecil. Tidak menutup kemungkinan jika layanan internet tersebut akan semakin lemot.

Menyadari kondisi seperti ini, sudah semestinya Anda memastikan pengetesan ketika perangkat yang terhubung hanya satu buah saja. Nantinya, Anda akan melihat seberapa besar kecepatan yang didapatkan sebenarnya.

Selain banyaknya perangkat, faktor lain yang berpengaruh pada melemahnya kecepatan internet adalah FUP atau batas pemakaian wajar. Ini juga sudah menjadi kebijakan dari provider indihome.

Ketika pelanggan telah melewati batas FUP paket, otomatis kecepatan internet akan diturunkan secara bertahap. Tak ayal jika Anda akan mendapati pelemahan kecepatan yang sangat terasa bagi pelanggan paket dengan kecepatan rendah.

Sementara sisanya berkaitan langsung dengan gangguan. Misalnya gangguan jaringan hingga gangguan cuaca seperti hujan. Karena itu berpengaruh pada kekuatan sinyal yang akan mendorong pada tinggi rendahnya kecepatan pentransferan data.

Cara Mempercepat Koneksi WIFI Indihome

Setiap kali berlangganan internet, Anda tentunya ingin memperoleh hasil yang maksimal dari aktivitas berlangganan. Setidaknya, kecepatan internetnya memang sangat baik.

Lantas, apa jadinya bila pengujian di Speedtest IndiHome Telkom ini menunjukkan hasil kurang sesuai dengan paket yang ditawarkan? Solusinya adalah mempercepat koneksi wifi indihome. Caranya?

  1. Restart Modem IndiHome

Ada kalanya jika modem menjadi faktor yang memicu pada lambatnya koneksi internet. Hal ini disebabkan oleh aktifnya modem secara terus menerus.

Ketika modem terus menyala, modem bisa menjadi lebih panas. Modem yang panas inilah yang mengganggu pada kecepatan internet.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan merestart modem. Atau, Anda bisa memastikannya sementara waktu. Tujuannya agar modem menjadi dingin dan siap untuk digunakan lagi beberapa menit kemudian.

  1. Gunakan Internet Sesuai Kapasitasnya

Apabila cara sebelumnya tidak berfungsi, Anda perlu memeriksa siapa saja yang terhubung dengan jaringan indihome. Karena, banyaknya perangkat yang terhubung akan mempengaruhi pada kecepatan internet.

Usahakan agar perangkat yang terhubung sesuai dengan kapasitas internet. Contohnya kecepatan 20 mbps hanya cocok digunakan sekitar 3-5 perangkat sekaligus.

Apabila perangkatnya lebih dari kapasitas dan bukan dari anggota rumah, baiknya lakukan pemblokiran. Anda dapat memblokirnya melalui pengaturan router. Selain itu, pastikan untuk mengganti kata sandi agar tidak terjadi pembobolan wifi yang menyebabkan internet lemot.

  1. Hapus Cache Internet

Cara lain untuk mempercepat internet adalah dengan menghapus cache internet. Meskipun sangat simpel, namun banyak orang yang melupakan atau tidak menyadarinya.

Cache ini berisi tentang jelajah situs yang terkait. Ketika Anda membuka browser, situs ini sudah siap untuk tampil ketika dipanggil. Sebagai gantinya, ini bisa membuat internet terbebani. Untuk itulah, solusi terbaiknya adalah rajin membersihkan cache.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan di sini. Jika Anda penasaran dengan kecepatan internet di rumah, Anda bisa mengujinya dengan Speedtest IndiHome Telkom. Layanannya gratis, dan data Speedtest IndiHome Telkom yang disajikan pun lengkap.